Oct 29, 2014

Rasa kuliner - Makan di Jepang



Setahun persis yang lalu kita dapat kesempatan emas jalan-jalan ke Jepang (terima kasih AirAsia), aye baru pertama kali menapak tanah sakura dan seperti yang sudah diduga semua yang ada di sana bikin kita jatuh cinta. Bertahun tahun  nyicipin makanan Jepang di Indonesia dan negara-negara tetangga, tetap gak siap setiap kunyahan pertama rasa asli di negaranya. Ternyata komik-komik dan film kartun born to cook dulu itu sungguh sungguh gak boong!!!

Malam pertama kita dinner di hotel karena udah malam dan kita nginep di antah berantah jadi gak optimis untuk cari tempat makan di luar. Restaurantnya gak terlalu penuh tapi mereka gak terima tamu setelah kita alasannya karena yang masak cuma satu jadi takutnya tamunya nunggu terlalu lama.  Kita pikir mungkin mereka gak biasa layani tamu banyak ya, jadi kita gak berharap terlalu banyak juga.
Ternyata oh ternyata.. semua yang kita makan di situ.. dibuat dengan penuh perasaan dan keahlian pasti karena enak bangeeeeeet!!!! Bangeeeeeeet!! Salah satu dinner yang paling berkesan nih. Pernah gak sih makan yang pas suapan pertama mata melotot karena kaget, suapan kedua ama ketiga cepet banget, abis itu sisa suapannya kita pirit pirit biar gak cepet abis hahaha.
Aye pesen salmon panggang dengan side sayuran. Ini salmon katanya dipanggang tapi halus dagingnya kayak dikukus. Gak ada bagian yang mentah, kering, apalagi angus. Lembab tapi kerasa manis karamelnya. Sayurannya juga kayaknya dipanggang terus ditumis lagi. Gimana ya masaknya.. mungkin minyaknya kali ya.

Si pacar pesen hambagu alias hamburger yang adalah makanan umum ala jepang walaupun gak terlalu traditional. Tapi bener deh rasanya gak sama dengan hamburger pada umumnya. Luarnya disiram saus kentel gurih manis, tapi pas dimakan kulitnya masih crispy dan dalamnya itu lembab dan enak bener rasanya.

Eskrim ini pun yang penampilannya sederhana dan dipesan cuma karena iseng iseng aja.. pas di mulut astaga... manisnya pas, vanillanya beda, kadar susunya seimbang sampe tingkat bekunya aja kayaknya diperhatikan. Gini yah kalo orang serius di bidangnya. Masak pun gak kayak aye yg asal asalan, dari rasanya aja kita udah tau mereka pasti punya resep yang saklek tentang bahan dan tekniknya. Aku salut sambil ngecap2 terus.



Di tempat yang sama sudah tentu juga ada buffet sarapannya. Menu internasional seperti bacon sosis telur dan salad pasti ada. Jadi kita pilih yang agak berbeda untuk icip-icip aja. 




Sedangkan pas siang hari selama di sana kita kebanyakan makan bento yang turun dari langit. Sebenarnya bento ini gak masalah dari segi rasa, tapi karena cuacanya dingin, jadi bento yang kita terima juga rasanya jadi gak seperti seharusnya. Dari sini kita belajar variasi makanan mereka yang beragam tapi porsinya kecil kecil. Cocok sama aye. Eh tapi aye porsinya gede gede deng hahahaha.

Ini nasi kuning, katsu dan sosis, scotch egg (udah dingin tapinya, hiks), prawn salad, ikan panggang saus tomat, baby corn, dan perasan jeruk nipis. Yang tengah itu konyaku.


Bento hari kedua juga ada katsunya tapi udah keburu kemakan. Nasi dengan jagung, cabbage salad, noodle rice salad, semacam perkedel tahu, sayuran rebus, dan buah persimmon alias kesemek.

Malam kedua kita berhasil keluar dan menemukan restaurant yang penampilannya menjanjikan. Ini kayak barbeque sekaligus tempat minum dan kumpul-kumpul.

Menunya pun menjanjikan. Ini baru satu halaman loh. Seperti biasa diteliti satu persatu (untung ada gambarnya) dan harus bingung dulu mau pesen yang mana.




Pilihan jatuh kepada cabbage salad dan apa yah ini namanya.. baso tahu? hahahah tapi emang iya, semacam hot pot dengan kuah miso plus jamur dan sayur-sayur putih.. 






Jadi supnya ini datang dengan tungku kecil jadi tetap terjaga hangatnya. Isi supnya daun bawang, jamur jarum (enoki), pangsit daging, tahu, baso lunak, juga kol. Misonya terasa tapi ditambah rasa bawang putih dan kaldu lemak juga. 


Malam terakhir kita dapat kesempatan nginep di Tokyo, tepatnya daerah Ikebukuro. Di sini adalah pusat anak anak muda bergaul sampai larut malam. Yang berarti kita kebingungan  banget cari makan saking ngiler ngiler kanan kirinya. Tapi senangnya kita menemukan tempat yang gak akan kita lupakan seumur hidup kita.


Senangnya berkelana di antara gang-gang perkotaan. 




Pesan makanan pakai mesin. Ini hal yang umum di sana tapi pengalaman baru buat kita. Sampe rebutan pencet-pencet tombolnya (memalukan!). Mesin yang ini gak ada gambar jadi kita minta bantuan untuk tunjukin pilihan kita. Bisa juga disesuaikan aja harganya dengan yang ada di menu. Bisa juga pilih asal-asalan dan lihat kemana nasib membawa kita.



Dan nasib berkata baik. Gyozanya kenyal dan daging di dalamnya masih hangat. Teriyaki don juga enak, tapi yang bikin kita berkaca-kaca ya sudah pasti ramennya. Pas makan itu berasa banget kalo Tuhan sayang ama kita. Walaupun lemaknya melimpah tapi lancar dan gak berminyak entah bagaimana caranya. Gurihhh. Taburan bawang putihnya juga bikin rasanya kaya, mienya kenyal dengan pork belly udah pasti jadi juaranya. Entah apakah semua ramen shop di Jepang seindah ini. Suatu hari aye akan bikin post tentang ramen shop yang satu ini dan bikin kita semua menderita bayangin betapa enak rasanya. Sudah pasti ini ramen terenak yang aye pernah cicipin. 


Detik detik terakhir sebelum pulang kita sempatkan cari makan di daerah yang sama. Kita makan di tempat yang sepertinya perhentian orang-orang pulang kerja untuk makan malam sebelum pulang.

Itu tanda di atas itu penting bacaannya: Nasi dan minum bebas boleh tambah sendiri. 













Paket-paketan selalu seimbang ada karbohidrat, sayur, protein dan sup. Rasanya semuanya enaak.


Besok (atau besoknya lagi) kita akan cerita tentang jajan-jajanan di Jepang, yang gak kalah banyaknya. Mari kita kuatkan iman dan perut kita. 



No comments:

Post a Comment