Oct 22, 2014

Rasa yang pernah ada - Dakgalbi : Hongdae, Korea Selatan

Salah satu yang bikin aye dan orang-orang korea selatan selalu langsung akrab pas pertama kenalan adalah: sama-sama doyan makan. Tapi ini benar apa adanya. Enam bulan tinggal bareng dua cewek korsel, yang kita belajar  cuma  nama-nama makanan. Dan gak nyesel, karena inget sampe sekarang.
Tahun lalu berkesempatan kunjungin mereka di Seoul, girang bukan kepalang pas ketemu setelah 6 tahun gak jumpa. Habis peluk-pelukan 10 menit itu tanpa babibu langsung dong kita kemon diajak makanan favorit aye. 
DAK GAL BI!!!

Galbi itu artinya ayam. Kalo orang betawi sih bilangnya ayem, bukan ayam. Tapi balik ke topik  makanan ini bener-bener favorit dari pertama aye tau, mungkin tahun 2006 yah. Di Indonesia sekarang juga ada beberapa restoran dakgalbi, tapi kalau makan di negaranya sendiri emang beda suasananya. Mungkin karena cuacanya dingin, atau mungkin karena laper abis jalan, atau mungkin karena ayam disana bisa bahasa korea.


Yang special adalah kita dimasakin langsung di depan kita panas-panas ayam dan sayur dengan segala macam bumbunya, abis itu pas selesai kita sok-sok ngaduk ngaduk selama beberapa detik, trus langsung lahap deh.

 
Nah yang paling menyenangkan kalau ayamnya tinggal sedikit kita tidak perlu bersedih, karena ada ronde kedua!! Ronde kedua adalah campur lagi sisa yang tadi dengan bermacam karbohidrat seperti nasi, toppoki (ini bentuknya kayak otak2 tapi isinya tepung beras aja), mie, sesuai pilihan kita.
Kita pilih nasi dong.. secara perut kita kuli.


Dibikinin bentuk hati ama abangnya..hahaha abang lagi.. abang saranghae o..


Dakgalbi saranghae o juga..







Kitapun bisa minta tambah pedesnya, menurut aye lebih pedes lebih seru.. karena disela pedes-pedes itu bisa kita minumin soju yang rasanya nendang bangeeet.. pas lagi nendang-nendangnya kita dorong lagi pake ayam dan kawan-kawan, menjadi lingkaran tidak berkesudahan sampai kita kenyang.

Aku.. cinta.. dak gal bi!

Nah ini dua cewe cantik o-ma yang paling tau kesukaan kita...
Makasih Minsun.. makasih Sunmi..

No comments:

Post a Comment