Feb 1, 2015

Coba bertanam - Basil dan Semangat Baru



Mau cerita sedikit (padahal banyak) tentang kenapa alasan kita sok sibuk akhir-akhir ini (padahal enggak terlalu). Kita adalah korban trend yang saat ini pesat hashtagnya dimana-mana: #bertanam.

Sebenernya orangtua aye rajin bener berkebun di rumah secara mereka sudah pensiun, tapi tetep loh kita gak pernah tengok apalagi mikir untuk nyentuh-nyentuh tanah (sok ngaku-ngaku levelan anak kota).

Tapi mulai sering beli-beli bahan masak jarang ada di pasar dan harganya lumayan terasa, saat itu kita menemukan artikel tentang 'regrow vegetable from scrap' yang kalo diterjemahin adalah 'menumbuhkan kembali sayur dari sisa-sisanya' [baca: berhemat].. nah aye langsung tertarik kalo urusan hemat menghemat semi-semi magic begini.




Intinya adalah potongan sisa sayur yang kita masak, direndem air beberapa hari, bisa tumbuh akar/tunas baru. Dari wortel, daun bawang, selada, macem-macem sampai nanas juga katanya bisa. Kalo sudah tumbuh agak panjang kita bisa pindahin ke pot.

Tapi dari coba-coba metode itu, yang paling berhasil ada tiga tanaman ini.



Bawang bombay, mint, daun sweet basil.
Yang dua pertama akhirnya meninggal karena kebanyak air, tapi yang sebelah kanan ini cuma dari potekan batang berdaun enam lembar, takjub banget bisa jadi sebesar ini. cepet lagi!

Nah layaknya jenis semacam kemangi, basil ini menghasilkan bunga yang berisi biji-bijinya atau biasa disebut benih.



Pas bunganya sudah besar dan kering, babe aye bilang coba disemai. Saat-saat itu waktu lagi seru-serunya tanam microleaves. Akhirnya kita pikir iseng2 boleh deh buat microleaves.



Kita ambil bijinya lalu sebar seadanya.

Cuma beberapa hari dia numbuh kayak begini




Gemes kan.




Nah pas sebenernya udah siap dipanen jadi microleaves, eh ama babe aye gak boleh dipotong, sayang katanya. Mendingan dipindah ke pot biar tambah gede. Berhubung babe aye orangnya galak, ya udah kita nurut aja dah hahaha.



Nah babe aye mau ngajarin cara pindahin ke potnya. Yang dia udah lakukan berpuluh-puluh tahun, mungkin dia dalam hati kasian juga ni anaknya akhirnya mau tau juga. Tapi pas ngajarin tetep pake gaya galak.


Ini tangan babe, bukan tangan kita. Kalo tangan aye lebih gahar lagi dari ini hahaha.


Nah kalo semua udah dipindahin, kita siram per dua hari, abis itu dia tumbuh sendiri.


Proses sesudah itu gak diabadikan, karena sibuk terpesona ama kesuburan basil ini. Dari 20an pot yang kita tanam (kita=babe), semuanya subur.

Nah dua bulan kemudian begini deh bentuknya!! Kira-kira setinggi 50-70 cm.


Tolong hiraukan pemandangan sendal jepit yang kurang sedap.



Foto abis panen dengan background jemuran sprei.

Sekarang gak perlu nunggu ke supermarket beli basil lagi kalo mau masak ala-ala italia atau buat dressing pesto. Bahagia tak terkira...
Kalau baru dipetik langsung dimasak juga lebih segar dan wanginya mantap deh..

Sekarang kita coba tanam juga beberapa bahan masakan lain.



Ini juga tanam dari kerokan biji-biji paprika beli di pasar. sekarang udah besar-besar loh



Yang ini terlalu ambisius.. agak pesimis



Cherry tomatoes dari satu buah imut bisa jadi 30-an bibit.. semoga lancar..

Semuanya kita naikin ke tempat jemuran biar berasa kayak urban gardening.. gak tau deh gimana ceritanya nanti kalo udah pada gede-gede.. Nanti kita update semuanya ya.

Karena kita termasuk kategori wanita-banyak-mau, maka dibuatlah syarat pelolos jenis yang akan ditanam.
1. Harus bahan masakan yang tidak murah (kalo yang murah mending beli di pasar itung2 bantu petani..)
2. Tanaman yang jarang ditemui/ susah didapat,
3. Sayur/herbs yang sering dipakai masak, juga
4. Tanaman hias yang gampang tumbuhnya dan gak perlu banyak komitmen.
5. Bibit atau benihnya yang dikasih oleh orang lain.

Hobi baru ini juga membantu untuk mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran drama aye sebagai perempuan berumur 30 ke atas.. semacam terapi gitulah buat mahluk bertemper kurang stabil..

Dua bulan ini kita bangun tidur juga agak semangat kepikiran untuk nengok anak-anak aye dulu liat pertumbuhan dan perkembangan mereka.. semoga mereka bisa tumbuh sehat yah..




No comments:

Post a Comment