Jan 30, 2015

Coba-coba - Microleaf & Semur Ayam


Ini gimana yah niat nge-blog sehari sekali, kok jadinya update sekali per dua bulan? (cerita lama)

Jadi ceritanya pada suatu hari kita main ke pameran organik dan menemukan stand famorganic. Mereka cukup terkenal tapi buat yang belum tahu, mereka adalah keluarga penggagas berkebun secara organik dari bandung. Setelah laper mata akhirnya kita jatuhkan pilihan ke paket yang paling aman: microleaves (yang lagi trendy..). Konon katanya microleaf ini bukan cuma cepat dipanen tapi juga rasanya lebih segar dan kaya nutrisi, juga gak perlu banyak perawatan. Padahal kalo di supermarket, harga sekotak kecilnya bisa bikin kesel banget.


Tanpa banyak pendahuluan (padahal pendahuluannya udah banyak), begini penampakannya:



Bijinya direndam seharian dengan harapan mempercepat kecambah.



Lalu dipilih hanya yang tenggelam karena kalo mengapung tandanya bijinya sudah rusak.



Sesudah itu sisanya cuma ditabur di atas media dan tutup selama 3 hari, sampai dia berkecambah kayak tauge muda, baru dikasih sinar matahari tidak langsung.

Nah belum juga seminggu, sudah bisa panen seperti ini. Sulap kan.


Katanya juga penting agar biji-bijian ini dari sumber yang organik karena kalo sudah kena olahan pestisida, malah dia mengandung lebih banyak racun yang tidak baik buat tubuh kita. Air yang digunakan untuk semai kalau bisa juga matang, dan hal yang satu ini aye baru tau sekarang dooooong..

Pengalaman menanam ini yang bikin kita jadi ketagihan main tanah. Setelah itu aye juga coba tanam macam-macam, tapi ceritanya nanti aja biar kita fokus dulu ama yang satu ini.

Pada saat panen kita bingung makan pakai apa. Kalo orang barat bilang enak jadi hiasan steak, salad atau burger. Tapi karena hari itu berminat masak menu yang semua orang pada suka, jadi kita sekalian aja masak SEMUR AYAM!

Bahan-bahannya:



Ayam dan sereh



Daun salam dan kuali



Berbagai hal yang bukan-ayam tapi juga enak. Sudah digoreng.



Ulekan bawang putih, kemiri, ketumbar, bawang putih, bawang merah, apalagi yah. Lupa dah. Hahaha. Kalo pengen tau banget bisa ditanyain lagi nanti ke emak aye.

Nah begini tahapannya:


Panasin kuali isi minyak. Atau bisa juga panasin minyak di kuali. Tergantung selera pilih yang mana.


Goreng hasil ulekan yang tadi, cobeknya gak usah. Aduk rata sampai kecoklatan.


Masukin daun salam dan sereh yang gak tau kenapa harus diiket. Biar kenceng aja kali. Kayak tali pengaman gitulah maksudnya.


Nah kesel kan, tiba-tiba ada tambahan rahasia yang tidak disebutkan sebelumnya. Ini lengkuas.. kira2 dua ruas, digeprek dulu, biar gak malu-malu dia.


Masukin potongan-potongan ayam, tambah air sedikit trus Aduk sampai putih pucat.


Gabung deh temen-temen non-ayam kecuali kentang (terakhir aja biar gak ancur). Eh ngomong-ngomong telur mah bukan non-ayam yah. biangnya ayam kali ya dia.


Di tahap ini udah boleh kita kasih kecap dan bumbu-bumbu penyesuaian seperti lada dan garam, dan air lagi dan kecap lagi, dst. Karena semua sudah matang jangan lupa dicicip. Kecapnya yang manis, jangan yang asinnnn...
Sesudah diaduk rata, kentang yang tadi ketinggalan kereta juga jangan lupa diangkut masuk.


Kalau kuah sudah kental dan para personil sudah kecoklatan, berarti semur sudah siap.

Sambil tunggu bumbunya meresap, kita sok-sokan masak sayur pengganti nasi



Tumis bawang putih sampe kecoklatan


Gabung potongan cuciwis. Aye baru kenalan ama sayur ini yang sebenernya adalah kol muda. Mungkin ini versi udiknya brussel sprouts, tapi bener deh rasanya gak kalah keren.
Kasih bumbu. Garam dan lada hitam aja.


Irisan paprika biar ada warna. Setelah diaduk rata langsung matiin kompornya karena harapannya sayur ini setengah matang biar kriuk.


Nah pas semuanya disatukan jadi begini tampilannya. Porsi pura-pura dikit.


Enak kok! Abis itu gak terekam disini piring kedua dan ketiga nambahnya tetep pake nasi hahaha.

No comments:

Post a Comment